Perbedaan Minyak Ikan, Omega 3 dan Squalene

1. Minyak Ikan / Cod Liver Oil adalah minyak ikan yang berasal dari hati dan lemak ikan  hiu besar yang hidup di permukaan air dan mengandung vitamin A, danD. Kedua vitamin tersebut dikenal untuk memperbaiki dan menyempurnakan pertumbuhan tulang dan kulit.

2. Omega 3 adalah nama populer untuk minyak ikan yang mengandung campuran Eicosapentanoid acid (EPA) dan Decoxahexanoid (DHA) yang berasal dari jaringan lemak ikan jenis Macharel, Herring, Sardine, Salem, Lemuru, Ansyol, dsb yang merupakan ikan yang hidup di permukaan air. Khasiat omega 3 diklaim berkhasiat menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah penggumpalan sel trombosit dan arteriosklerosis. Tetapi dalam penelitian selanjutnya manfaat omega 3 kalah jauh dengan minyak zaitun  (DR. Iwan T. Budiarso, Lancet, 1990, vol. 336 : 1313) karena di minyak zaitun mengandung zat aktif squalene.

3. Squalene adalah minyak berasal dari ekstrak ikan hiu botol (centrophorus atromarginatus) yang mempunyai kemampuan mengikat oksigen untuk membantu proses metabolisme di tubuh manusia.

Ciri untuk membedakan secara mudah Squalene dan Minyak Ikan (Omega 3) adalah :

  1. Dari sifat Fisik cairnya. Kapsul yang berisikan squalene dan kapsul yang berisikan minyak ikan secara bersamaan dimasukkan ke dalam Frezeer kulkas selama kurang 7 hari. Apabila Kapsul tersebut berisikan minyak ikan maka kapsul itu akan pecah karena minyak ikan akan membeku yang menyebabkan kapsul mengeras dan pecah. Sedangkan apabila kapsul tersebut berisikan squalene maka sampai kapanpun kapsul tidak akan pecah karena sifat dari squalene tidak akan membeku sampai titik –  70% derajat celcius.
  2. Dari sifat Fisik aromanya. Minyak ikan pasti kan berbau aroma amis seperti pada umumnya bau ikan. Sedangkan squalene mempunyai bau yang khas dan tidak amis.

Perihal PD. Pradipta Abadi
Natural Products Distributor

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: