Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Apa yang dimakan atau minum di pagi hari akan mempengaruhi kondisi tubuh seharian. Memulai hari dengan secangkir air hangat dengan lemon akan memberikan banyak manfaat.

Di balik rasa asamnya, lemon memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Tidak saja menjadi pereda flu dan batuk, tapi juga dapat mengatasi penyakit diabetes hingga kanker.

Sebelum beraktivitas di pagi hari, Anda dapat minum secangkir air hangat yang ditambahkan air perasan lemon, atau masukkan irisan lemon ke dalam cangkir. Air hangat dengan lemon memiliki banyak manfaat yang akan membuat tubuh Anda lebih sehat.


1. Pembersih usus
Rasa pahit yang khas dari buah lemon memiliki kemampuan untuk meningkatkan gerakan peristaltik atau gerakan memompa di perut yang membantu untuk menghilangkan kotoran di perut. Tambahkan air perasan jeruk nipis dalam minuman hangat Anda dan minum secara rutin setiap pagi.

2. Kanker
Lemon mengandung 22 senyawa antikanker, termasuk limonene-minyak yang terjadi secara alamiah yang memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor kanker pada hewan. Lemon juga mengandung zat yang disebut glikosida flavonol yang menghentikan pembelahan sel kanker.

3. Atasi pilek dan flu
Lemon kaya akan vitamin C dan flavonoid yang bekerja bersama untuk mengatasi serangan virus pilek dan flu.

4. Netralisir racun
Menyeruput jus lemon segar yang ditambah dengan air di pagi hari dapat menetralisir racun dalam hati Anda.

5. Kaya gizi
Kandungan gizi dalam lemon begitu banyak, di antaranya vitamin C, asam sitrat, flavonoid, vitamin B kompleks, kalsium, tembaga, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan serat.

6. Mengembalikan keseimbangan pH tubuh
Lemon yang bersifat asam ketika berinteraksi dengan metabolisme tubuh memiliki efek alkalizing pada cairan tubuh dimana bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

7. Alergi
Lemon mengandung hesperetin phytonutrisi yang pada beberapa studi dapat membantu mengatasi tanda-tanda alergi.

8. Gangguan sistem  otak dan saraf
Lemon mengandung phytonutrisi tangeretin yang telah terbukti efektif untuk gangguan otak seperti penyakit parkinson.

9. Gangguan mata
Pada beberapa penelitian, lemon dapat membantu mengatasi gangguan mata dan  retinopati diabetes.

10. Antivirus
Selain mampu mengatasi  virus flu, limonoid dalam lemon telah terbukti efektif mengatasi serangan virus lainnya.

11. Diabetes
Selain mengatasi masalah mata terkait dengan diabetes, lemon mengandung hesperetin yang menurunkan kadar gula darah.

12. Empedu dan batu ginjal
Asam sitrat ditemukan dalam jus lemon membantu untuk melarutkan batu empedu, endapan kalsium, dan batu ginjal.

13. Anti aging
Vitamin C yang ada dalam lemon membantu untuk menetralkan radikal bebas terkait dengan penuaan dan sebagian besar jenis penyakit.

14. Membantu penurunan berat badan

Lemon memiliki kandungan serat pektin yang tinggi, yang membuat Anda tidak mudah merasa lapar. Oleh karena itu, lemon dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

15. Bertindak sebagai diuretik alami

Minum jus lemon akan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Sehingga racun-racun dalam tubuh akan sesegera mungkin dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan membuat saluran kemih Anda tetap sehat.

16. Membersihkan kulit

Vitamin C dalam lemon dapat membantu mencegah keriput dan timbulnya noda pada kulit wajah. Sari lemon dapat membersihkan racun dalam darah yang juga dapat meningkatkan keindahan kulit.

17. Mencegah dehidrasi

Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, organ tubuh tidak dapat melakukan semua fungsinya dengan optimal sehingga menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit dan masalah kesehatan lainnya. Lemon mengandung mineral dalam jumlah yang banyak dan akan membantu Anda terhindar dari bahaya dehidrasi.

Sumber : okezone.com dan detik.com

Perihal PD. Pradipta Abadi
Natural Products Distributor

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: