Mengenal Kurma dan Manfaatnya

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir,  kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia bagian utara Afrika, Spanyol  dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa  Spanyol pada tahun 1765.

Dewasa ini Kurma sudah banyak digemari untuk di konsumsi sebagai makanan olahan dan sebagai makanan kesehatan. Sehingga untuk mendapatkan produk yang bersifat praktis maka banyak pabrik membuat mengolah Kurma dalam bentuk kemasan ekstrak yang dikemas dalam botol tanpa mengurangi manfaat dan rasa dari buah kurma.

Manfaat Kurma

  1. Menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing.
  2. Mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya.
  3. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.
  4. Menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok.
  5. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
  6. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa karena berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang.
  7. Dapat mencegah stroke
  8. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium.
  9. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.
  10. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.

Perihal PD. Pradipta Abadi
Natural Products Distributor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: